Rabu, 13 Februari 2013

Tentang lingkungan hidup selamatkan bumi


Save Earth jaga Lingkungan Hidup - Disini saya akan membahas pentingnya menjaga bumi kita ini, kita hidup  di bumi yang sudah tua, banyaknya kerusakan dimana mana dari pemanasan global, cuaca yang tidak menentu. Pengunaan bahan bakar fosil yang berlebihan mencemari udara segar, penambangan dimana mana. mari kita imbangi semua dengan gerakan Save Earth menjaga Lingkungan Hidup. 

Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Demikian pengertian lingkungan hidup sebagaimana dalam Undang-undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. 

Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Unsur Hayati (Biotik)
Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik. Jika kalian berada di kebun sekolah, maka lingkunganhayatinya didominasi oleh tumbuhan. Tetapi jika berada di dalam kelas, maka lingkungan hayati yang dominan adalah teman-teman atau sesama manusia.
2. Unsur Sosial Budaya
Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakatdapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui dan ditaati oleh segenap anggota masyarakat.
3. Unsur Fisik (Abiotik)
Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim, dan lain-lain. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi. Bayangkan, apa yang terjadi jika air tak ada lagi di muka bumi atau udara yang dipenuhi asap? Tentu saja kehidupan di muka bumi tidak akan berlangsung secara wajar. Akan terjadi bencana kekeringan, banyak hewan dan tumbuhan mati, perubahan musim yang tidak teratur, munculnya berbagai penyakit, dan lain-lain.

diatas saya utarakan beberapa pengertian tentang Lingkungan Hidup dan beberapa unsur unsurnya kerusakan lingkungan bisa di karenakan dari manusia sendiri atau dari alam seperti Letusan Gunung, Gempa bumi, dan badai Silikon. kita bisa menjaga bumi ini dengan hal hal yang mudah seperti : 
  1. Menghemat Penggunaan Listrik
  2. Memisahkan Sampah Organik dan Non organik
  3. Menghemat Penggunaan Air 
  4. Mengurangi Penggunaan bahan bakar fosil
  5. Membuat taman rumah 
  6. Mengurangi penggunaan plastik 
  7. Lakukan daur ulang barang barang yang sulit di uraikan oleh tanah 


Diatas adalah beberapa cara muda untuk mengurangi kerusakan terhadap bumi kita, di indonesia banyak sumber daya alam yang melimpah tetapi jeleknya kurang adanya penyeimbang saat menambang, memproduksi dan lain lain. Pada tanggal 5 Juni 2012 – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2012, bertempat di Istana Negara, Jakarta. Pada kesempatan ini Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan Penghargaan Kalpataru, Adipura, Adiwiyata Mandiri dan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik, dan menerima buku Status Lingkungan Hidup Indonesia 2011, serta menandatangani Sampul Hari Pertama Perangko Seri Peduli Lingkungan 2012.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2012 adalah Green Economy : Does It Include You?. Disesuaikan dengan konteks Indonesia menjadi Ekonomi Hijau : Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan. Makna mendasar dari tema ini adalah urgensi seluruh umat manusia, baik secara individu, kelompok maupun negara, untuk mengubah pola konsumsi dan produksi atau gaya hidup menuju perubahan perilaku yang berkelanjutan. Tema ini juga dimaksudkan untuk mengangkat momentum United Nations Conference on Sustainable Development atau dikenal Rio+20 yang akan diselenggarakan pada bulan pertengahan Juni 2012.
Menteri Negara Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA. mengatakan “Berbekal berbagai inisiatf kebijakan dan program yang mendukung penerapan Ekonomi Hijau, diharapkan Indonesia dapat tampil memimpin upaya global menuju pembangunan berkelanjutan dan yang lebih penting lagi adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Indonesia.
Kepedulian dan kepeloporan masyarakat melestarikan lingkungan dari waktu ke waktu semakin meningkat baik kuantitas maupun kualitasnya. Untuk itu, disampaikan penghargaan lingkungan kepada individu, kelompok maupun perwakilan pemerintah daerah yang telah berprestasi di bidang lingkungan hidup. Penghargaan lingkungan tersebut adalah Penghargaan Kalpataru, Adipura, Adiwiyata Mandiri dan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik. Demikian informasi dari saya jika ada salah kata saya mohon maaf
DJALOE ARIEF PRADIBTYA



Posted by: Djaloe Arief Pradibtya NordGren Updated at : 21.31

18 komentar:

  1. nice artikel sob , semangat trus ngeblog nya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha merdeka :D terimakasiih banyak atas kunjunganya

      Hapus
  2. artikel bermanfaat gan Lanjutka !!!!
    blogwalking : http://wizard-game.blogspot.com

    BalasHapus
  3. gk usah liat buku PLH lagi dah kalau gini jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ilmu ini ke inget pelajaran dulu pas hafalan hahahaa tanks atas kunjunganya :D

      Hapus
  4. mantep agan dan ditunggu follbacknya..

    BalasHapus
  5. info yang menarik

    http://fhirman-ilham.blogspot.com

    BalasHapus
  6. terimkasih gan infonya sangat bermanfaat banget buat ane yang masih sekolah.

    salam kenal gan dari http://bloggercungkring.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas bro...
      thenksi udah mampir :D

      Hapus
  7. Balasan
    1. hahaha siap gan terimakasih atas kunjunganya

      Hapus
  8. go green =))

    http://indoneka.com

    BalasHapus

Saya Harap anda untuk membaca artikel sebelum berkomentar tidak hanya cuma menulis blogwalking memasukan link anda, dan jangan Out Of Topic jikat terjadi saya akan menghapus komentar anda
TERIMAKASIH